Selasa, 20 November 2012

Tarian Daerah Nusantara

Hai sobat yang ada di seluruh Indonesia,,, Perkenalkan pendatang baru blogger. Kami siswa-siswi X-TGM mencoba sesuatu yang baru untuk kami lakukan di tahun ajaran ini. Nha,, untuk blog kali ini, kami akan coba menjelaskan beberapa jenis tarian daerah nusantara di Indonesia. Kalau nantinya ada kata yang nggak nyambung atau yang nggak pas, kami minta maaf ya,,, kan baru belajar.
 Langsung aja deh ya,,, ini dia artikelnya:


         Indonesia adalah sebuah negara yang penuh dengan kekayaan alam, budaya, dan manusia yang beragam. Perkembangan - perkembangannya sudah sangat cepat. Termasuk perkembangan budayanya. Kebudayaan di Indonesia sangat banyak. Ada yang berupa tari - tarian, nyanyian, dan adat istiadat. Tari - tarian yang ada di Indonesia juga masih dibagi jenisnya. ada tarian tradisional dan ada yang modern.

Contoh tarian tradisional antara lain:
1. Tari Yapong ( Jawa Timur)
2. Tari Silampari (Sumatera Selatan)
3. Tari Gending Sriwijaya (Sumatera Selatan)
4. Tari Merak ( Jawa Barat)
5. Tari Sekarinonce (Jawa Tengah)

Adapun tari - tarian modern jenisnya dapat berupa:
1. Popping
2. Hip - hop

Nha, teman-teman jenis - jenis tarian diatas baik yang tradisional maupun yang modern sudah banyak dimodivikasi oleh para penari - penari handal. Tapi, meskipun sudah dimodivikasi mereka tetap menjaga keaslian tarian itu sobat.

Kita sebagai warga negara yang baik,,,, hehehe harus menjaga kelestarian kebudayaan yang ada di negara kita ini sobat. Dengan cara melestarikannya. Baik dengan menarikannya, atau mengajarkannya pada adik-adik kita. Nha sobat,, tarian-tarian Indonesia yang melimpah ini, tidak sedikit yang diakui oleh negara lain. Jadi, sudah sepatutnya kita menjaga warisan nenek moyang kita dahulu. Bukan hanya tariannya saja lho ya,,, tapi semua yang ada diwilayah Indonesia tercinta ini. Oo iya,, jangan pantang menyerah ya untuk mengembangkan warisan nenek moyang...!

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang udah disebutin tadi itu, buatlah sebuah upaya untuk mengapresiasikan kebudayaan-kebudayaan Indonesia.
       Contohnya ni ya,dengan membuat pertunjukan tari yang dapat disaksikan oleh banyak orang. Sehingga, orang-orang Indonesia dapat mengetahui tarian-tarian mana saja yang merupakan warisan budaya Indonesia sobat,,,

Mengapresiasikan diri melalui karya seni tari merupakan salah satu bentuk kecintaan kita terhadap Indonesia. Karena, secara tidak langsung ni ya, kita mengorbankan waktu dan tenaga kita untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Baik sarana & prasarananya ataupun bentuk dekorasi dan formasi tampilan yang akan dipertontonkan.

       Jadi, mengorbankan sebagian waktu & tenaga kita, tidaklah ada artinya apabila nanti pada akhirnya salah satu tarian kita hilang dan diakui oleh negara lain sebagai warisan kebudayaannya. Kan sayang juga kalau akhirnya kita yang rugi, Iya kan??

Ya,, bukan bermaksud menjelek-jelekkan negara lain sih.. Tapi, perbuatan yang mengakui salah satu tarian Indonesia membuat kita kadang merasa geram atas apa yang telah dilakukan. Kalian masih ingat kan contoh tarian apa saja yang sempat diakui oleh negara lain?
     Ini dia contohnya:
1. REOG PONOROGO
2. TARI PENDET (BALI)
Meskipun kejadian itu sudah berlangsung sejak lama, namun hal itu masih menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan karen hingga saat ini hal itu masih menjad pembicaraan dibanyak media masa, misalnya TV.
    Entah apa yang membuat hal itu bisa terjadi. Namn, hal-hal yang sudah berlalu biarlah berlalu. Iya nggak? Dan,, biarlah kita memperbaiki yang sudah berlalu itu dengan kerja keras untuk dapat mempertahankan kebudayaan kita, agar tidak diakui oleh negara lain ya sobb,,,.
      Jadi, jangan pernah menyerah untuk membuat negara ini hebat dan menjadi nomor wahid alias nomor satu.
Jangan dalam hal kriminalitas, melainkan dalam hal perkembangan teknologinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar